Proses Pendewasaan

Udah lama nggak nulis di blog ini. Semuanya gara-gara kehidupan anak kelas XI yang tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Harus SKS setiap ada ulangan IPA, buat PR yang sebelumnya nggak pernah dijelaskan, dan membuat PowerPoint demi guru yang terlalu terobsesi pada statement “pentingnya presentasi di kurikulum 2013” padahal dia ngajar Matematika. Nggak salah sih kalo siswanya memang sudah jago banget sampai-sampai disuruh buat PowerPoint padahal beliau belum menjelaskan materinya sama sekali. Ya kalau pelajaran teori seperti Biologi dan Sejarah Indonesia sih nggak masalah.. lah, ini Matematika bro! Aduh, kok kayaknya kepekaan Anda kurang sih?

Ini kenapa aku malah jadi membahas pelajaran, sih? Hm… sebenarnya tulisan ini gak penting banget sih, tapi karena isinya tentang hari yang penuh kebahagiaan maka aku memutuskan untuk menulisnya. Continue reading

Bali, Pulau Tercinta yang Kaya Budaya

Tinggal di negara Indonesia yang terdiri dari banyak pulau dan suku menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang-orang yang sudah tahu bagaimana indahnya menyatukan banyaknya perbedaan. Saya pun merasakan indahnya keberagaman yang ada di Indonesia sehingga membuat diri saya menjadi pribadi yang memiliki sikap tenggang rasa. Saya adalah salah seorang warga negara Indonesia yang berasal dari Bali. Saya lahir di Bali, bahkan hidup dan tinggal di Bali sampai saat tulisan ini dibuat, atau mungkin selama saya masih hidup. Lahir dan tinggal di Pulau Bali yang dielu-elukan para wisatawan non domestik maupun domestik menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya. Bukan karena apa, tapi saya juga mengakui bahwa Bali mempunyai daya tarik tersendiri bagi orang yang melihatnya, entah melihat keindahan Bali melalui internet, cerita orang lain yang sudah pernah mengunjungi Bali, atau bahkan pengalaman langsung mengunjungi pulau cantik ini. Itu sudah terbukti, karena pernah suatu waktu saat berada di luar Bali, saya sangat merindukan suasana sehari-hari di Bali. Bali tidak hanya melulu soal pantainya yang indah, tempat yang banyak bule-bule, tapi Bali memiliki banyak sekali budaya yang wajib dijaga dari pengaruh luar. Keindahan Bali yang sebagian besar terdiri dari unsur seni memang tidak henti-hentinya dapat saya kagumi. Continue reading

Menjadi Diri Sendiri Seperti Luna

Banyak pepatah ataupun motivator yang berkata bahwa menjadi diri sendiri adalah hal terbaik dan mudah yang bisa dilakukan. Ya, memang. Saya setuju dengan hal itu karena sangat cocok dengan saya. Di saat teman-teman saya yang lain sibuk memikirkan penampilan, saya cuma bisa santai dengan baju kaos dan celana jins setiap bepergian. Bukan karena apa-apa, tapi memang hal itulah yang membuat saya nyaman.

Saya sudah lumayan sering membaca novel dengan banyak tokoh yang berbeda-beda wataknya. Dari tokoh yang ambisius, rendah hati, angkuh, dan macam-macam. Semua tokoh itu dapat saya jumpai di novel-novel yang saya beli di Gramedia. Contohnya adalah seri novel terbaik (menurut saya) Harry Potter, dan karya J.K. Rowling lainnya (dengan nama pena Roberth Galbraith) berjudul The Cuckoo’s Calling dan The Silkworm. Tapi tokoh seperti Luna belum pernah saya temui sebelumnya.

DSCN1558

Siapakah Luna? Continue reading